Resep Membuat Ayam Bakar Gurih dan Lezat

Resep Membuat Ayam Bakar Gurih dan Lezat - Setelah kemarin kita mencoba membuat resep Ayam Goreng, tidak ada salahnya sekarang kalau kita juga mencoba membuat Ayam Bakar yang tentu saja rasanya tidak kalah dengan ayam goreng. Sekarang menu Ayam Bakar menjadi menu favorit setelah Ayam goreng, menu ayam bakar ini sangat disukai kalangan masyarakat umum. Karena aroma nya yang kas yang bisa membuat lidah kita ingin mencobanya, dan rasanya yang gurih dan lezat yang bisa membuat kita menambah porsi makan kita dari pada biasanya.

Dulu ayam bakar ini hanya bisa kita jumpai di tempat – tempat tertentu saja, biasanya di tempat – tempat wisata. Dan sekarang ayam bakar sudah terkenal di seluruh restoran – restoran besar bahkan sampai di pelosok – pelosok desa. Bagi anda yang sudah pernah membuat resep Ayam Goreng tentu saja anda juga sudah mengenal bumbu – bunbunya, karena bahan – bahan untuk membuat ayam bakar ini hampir sama dengan ayam goreng. Tetapi jika anda sudah pernah membuat Ikan Bakar berarti anda sedikit banyak sudah bisa membuat ayam bakar juga.

Menu Ayam bakar ini selain rasanya yang kas akan lebih mantap dan lezat lagi jika di bumbui pedas dan manis, seperti yang akan kita pelajari nanti. Dan akan lebih nikmat lagi jika di hidangkan bersama Nasi yang masih hangat. Cara membuat ayam bakar ini sangatlah mudah dan bumbunya pun cukup sederhana.

Bahan – bahan membuat Ayam Bakar
1. 1 ekor ayam bobot 1 kg an
2. 2 lembar daun salam
3. 3 sdm kecap manis
4. 1 lembar daun jeruk nipis
5. 1 sdt air jeruk nipis
6. 200 ml air santan
7. ½ sdm garam

Bumbu – bumbu halus
1. 5 buah cabe merah
2. 8 butir bawang merah
3. 3 siung bawang putih
4. ½ sdt ketumbar
5. 1 cm kunyit
6. 1 ruas jahe

Cara membuat:
- Potong ayam menjadi 4 bagian cuci bersih dan siapkan panci berisi air. Masukkan ayam dan tambahkan 2 lembar daun salam, 1 batang serai, 1 ruas jahe, 1 ruas lengkuas, dan 1 sdt garam. Masak ayam sampai ayam empuk atau matang, setelah ayam matang angkat ayam dan tiriskan sampai kering.

- Tumis dan haluskan bumbu – bumbu halus, tambahkan daun salam dan penyedap rasa. Masukkan ke dalam air santan untuk di rebus, tambahkan kecap manis, sedikit gula dan air jeruk nipis. Aduk rata sampai mendidih, setelah mendidih matikan api.

- Siapkan pembakaran dengan api sedang dan nyala stabil

- Celupkan ayam yang sudah kering ke dalam air santan, angkat dan bakar ayam sambil di bolak – balik
- Di saat membakar kadang olesi lagi ayam dengan air santan tadi, selah ayam menguning angkat ayam dari pembakaran

- Ayam siap di hidangkan.

Dalam penyajian Ayam bakar ini kita tidak memerlukan Sambal, karena Ayam bakar yang kita buat ini sudah memiliki rasa Pedas dan Manis, dan akan lebih nikmat lagi di sajikan bersama Nasi yang masih hangat, dan di tambahkan 3 lembar daun kemangi, dan 2 irisan mentimun tipis - tipis. Sangat mudah kan cara membuat Ayam Bakar, ayam cukup di balut dengan bumbu sederhana saja sudah bisa menggoda lidah kita, dan kita tidak usah repot beli dan mengeluarkan uang.

Demikian resep membuat Ayam Bakar yang bisa saya sampaikan, mudah – mudahan bermanfaat untuk para sahabat Zona Aneh. Selamat mencoba

Description: Resep Membuat Ayam Bakar Gurih dan Lezat Rating: 4.5 Reviewer: Mas Dowi - ItemReviewed: Resep Membuat Ayam Bakar Gurih dan Lezat

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

0 comments :

Posting Komentar

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com