Resep Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Empuk Dan Sambal Trasi

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Empuk Dan Sambal Trasi
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Empuk Dan Sambal Trasi - Kemarin di rumah ibu mertua saya di suruh membuat menu masakan dalam rangka arisan. Saya bingung mau membuat menu apa ya untuk hidangan arisan nt,kira - kira resep masakan apa ya yang cara mmebuatya simple,bahannya mudah di jangkau dan rasanya enak. Terus ibu mertua saya kasih saya resep cara membuat Ayam goreng gurih,empuk,enak dan di dmpingi Sambal terasi.

Dari pada repot - repot mencari menu - menu masakan,akhirnya saya coba resep yang di kasih oleh ibu mertua saya. Yaitu resep Ayam goreng dan Sambal terasi. Awalnya saya kurang percaya diri,karena sebelumnya saya sama sekali belum pernah mencobanya. Setelah saya coba membuat,eh ternyata hasilnya cukup lumayan enak juga. Tidak kalah dengan ayam goreng sambal terasi resep di warung - warung.

Karena Ayam goreng yang saya buat adalah ayam kampung super atau bisa juga ayam kampung asli yang tergolong ayam yang usia nya masih muda,yaitu ayam sekitar bobot kurang lebih 9ons sampai 1kg an setiap satu ekornya. Yaitu ayam yang biasanya di gunakan untuk nasi kotak pesanan-pesanan gitu.

Daripada tambah penasaran disini saya akan berbagi resep bagaimana caranya dan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam goreng dan Sambal terasi tersebut.
Bahan – bahan Ayam goreng :
1. 1 ekor ayam
2. 1 sendok makan ketumbar
3. 1 ruas jari laos
4. 1 batang serai
5. 5 buah bawang putih
6. 1 ruas kunyit
7. 1 sendok makan garam

Cara membuat:
Bersihkan Ayam cuci dan potong – potong menjadi 4 bagian yaitu 2 bagian paha sampek punggung belakang,dan 2 bagian lagi dada sampek sayap. Untuk jeroan,kepala,dan ceker di potong sendiri.
Haluskan bumbu – bumbu di atas selain kunyit, untuk kunyit bisa di iris tipis – tipis tidak perlu di ulek. Masukkan bumbu – bumbu tadi dan irisan kunyit ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya untuk di rebus,setelah air mendidih masukkan ayam. Setelah ayam matang/empuk,angkat ayam dari panci dan tiriskan. Sambil menunggu kering siapkan 1 butir telur kocok hingga tercampur homogen. Setelah kering siapkan wajan berisi minyak goreng secukupnya, masukkan potongan ayam satu persatu ke dalam kocokan telur. Goreng Ayam kurang lebih 5 menit, sambil di goreng Ayam sebaiknya di bolak – balik terus dengan tujuan biar ayam tidak gosong. Karena menggoreng ayam dengan kocokan telur tadi bisa membuat ayam cepat menguning. Akan tetapi rasanya lebih gurih, lebih empuk dan lebih lezat. Dan biar tambah lebih nikmat, kita tambahkan Sambal terasi untuk mendampingi Ayam goreng tadi. Berikut bahan – bahan yang di butuhkan untuk membut Sambal terasi.

Bahan – bahan Sambal terasi:
1. 2 buah cabe merah
2. 4 buah cabe rawit merah
3. 2 siung bawang putih
4. 10 siung bawang merah
5. 1 buh tomat merah
6. 1 sendok teh terasi
7. Garam secukupnya
8. Gula secukupnya
9. Penyedap rasa

Cara membuat:
Kukus semua bahan – bahan Sambal terasi diatas selain gula,garam,terasi dan penyedap rasa, setelah matang haluskan dan tambahkan terasi, garam dan sedikit gula. Kemudian goreng dan tambahkan penyedap rasa secukupnya. Setelah aromanya harum dan warnanya berubah angkat sambal dari wajan dan siap di sajikan bersama ayam goreng.

Untuk mempercantik penyajian di samping nasi, Ayam goreng dan Sambal terasi tadi tambahkan 3 lembar daun kemangi dan 1 iris tipis mentimun pada setiap 1 porsi. Begitu mudah dan simple kan. Ayam goreng gurih,empuk dan lezat yang di dampingi Sambal terasi. Dan rasanya tidak kalah dengan nasi kotak pesanan di warung. Itung – itung sekalian belajar membuat nasi kotak juga.

Itulah resep Ayam goreng gurih, empuk dan resep Sambal terasi yang dikasih oleh ibu mertua kepada saya. Selamat mencoba
sumber:internet

Description: Resep Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Empuk Dan Sambal Trasi Rating: 4.5 Reviewer: Mas Dowi - ItemReviewed: Resep Cara Membuat Ayam Goreng Gurih Empuk Dan Sambal Trasi

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

0 comments :

Posting Komentar

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com