Warna Lendir Kewanitaan Berdasarkan Siklusnya

Warna Lendir Kewanitaan Berdasarkan Siklusnya
Perubahan warna pada lendir kewanitaan sering dihubungkan dengan infeksi, misalnya keputihan. Meski kemungkinan tersebut harus selalu diwaspadai, ada juga yang bukan disebabkan oleh infeksi tapi memang dipengaruhi siklus menstruasi.

Selain sebagai pelicin saat berhubungan seks, lendir kewanitaan juga berfungsi untuk menjaga kebersihan vag|na. Dengan kadar keasaman tertentu, lendir tersebut menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri baik namun mematikan bagi bakteri jahat.

Meski normalnya berwarna bening, lendir kewanitaan sering mengalami perubahan warna dan tidak semuanya menandakan adanya infeksi. Berbagai perubahan kondisi yang terjadi dalam siklus menstruasi juga bisamenyebabkan warna lendir berubah.

Putih
Lendir berwarna putih dengan kosistensi kental biasanya muncul di akhir siklus, menjelang menstruasi. Normalnya tidak disertai gatal, namun apabila gatal itu berarti ada infeksi jamur candida (yeast infection).

Nah inilah yang aman untuk ML bagi yang tidak menghendaki tidak terjadi kehamilan karena saat seperti ini wanita dalam kondisi tidak subur.

Bening
Lendir yang bening dan mulur atau tidak mudah putus jika direnggangkan di antara kedua jari menunjukkan masa subur. Hubungan seks yang dilakukan tanpa pengaman ketika lendir seperti ini muncul dapat menyebabkan terjadinya kehamilan.

Bagi suami isteri yang menghendaki keturunan, saat inilah yang paling tepat untuk ML, kemungkinan wanita hamil 95% selama sperma pria dalam kondisi normal. Bagi yang bukan suami isteri, pertimbangkan lagi untuk ML atau pakai pengaman (kondom). Ini tanda masa subur

Kuning atau hijau
Adanya infeksi jamur atau bakteri dapat menyebabkan lendir kewanitaan berwarna kuning atau hijau, biasanya disertai bau busuk atau amisseperti bau ikan. Lendir dengan warna seperti itu bisa muncul setiap saat sepanjang siklus selama infeksi belum diobati.

Sebaiknya wanita perlu periksa ke dokter agar segera diobati dan nyaman untuk ML.

Cokelat
Sesaat setelah menstruasi berakhir, lendir masih sering bercampur dengan sisa-sisa darah kotor dan bercak dari endometrium yang luruh.Sampai vagina benar-benar bersih, lendir masih akan berwarna kecokelatan meski sudah tidak ada perdarahan.

Ini juga berarti wanita tidak dalam masa subur. Aman untuk ML bagi mereka yang tidak menghendaki kehamilan.

Bercak kemerahan
Pada beberapa orang, lendir yang disertai bercak darah sering muncul pada masa subur dan masa-masa awal kehamilan.

Jika pernah melakukan hubungan seks tanpa alat kontrasepsi kemudianmuncul lendir seperti ini, sebaiknya segera melakukan tes kehamilan.

Description: Warna Lendir Kewanitaan Berdasarkan Siklusnya Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Warna Lendir Kewanitaan Berdasarkan Siklusnya

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

0 comments :

Posting Komentar

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com