Pesona Mistis Gaib Penuh Misteri Candi Gunung Kawi

Zona Aneh - Pesona Mistis Gaib Penuh Misteri Candi Gunung Kawi - Pesona dan kecantikan Pulau Bali memang unik, dan satu lagi film Hollywood yang mengambil Pulau Dewata sebagai lokasi syuting. Film tersebut adalah The Fall.

The Fall (2008) adalah sebuah film drama petualangan fantasi yang diperankan Catinca Untaru dan disutradarai oleh Tarsem Singh. Film ini memang mengambil gambar di banyak tempat-tempat indah di dunia, antara lain Afrika Selatan, Italia, Namibia, India, Argentina, Fiji, Praha, Turki, Mesir, China, Bolivia, Kamboja, Prancis, Spanyol, dan tentu saja Indonesia. Demikian seperti dikutip Imdb, Selasa (6/2/2012).

Di Bali, film ini mengambil lokasi syuting di Candi Gunung Kawi, Tampaksiring. Tampaksiring adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia seluas 42,63 kilometer persegi. Pada masa lalu, Tampaksiring adalah pusat pemerintahan kerajaan di Bali. Di Tampaksiring terdapat istana kepresidenan, yang dibangun antara 1957-1960 atas titah Presiden Soekarno dan sebuah candi bernama Candi Gunung Kawi.

Candi Gunung Kawi merupakan peninggalan sejarah abad ke-11 dimana di kompleks candi tersebut terdapat pemakaman keluarga raja, permaisuri, dan keturunannya yang pernah memerintah di wilayah Bali. Raja Udayana paling terkenal di Bali dan berasal dari Dinasti Warmadewa. Beliau menikah dengan seorang puteri raja dari Kerajaan Kediri bernama Gunapriya Dharma Patni, yang kemudian dikaruniai dua orang anak yaitu Erlangga dan Anak Wungsu.

Setelah Raja Udayana turun tahta, Anak Wungsu pun tampil menggantikan ayahnya yang terjadi antara 1049-1077. Setelah meninggal, abu jenazahnya kemudian disimpan dalam salah satu candi di sekitar kompleks Candi Gunung Kawi. Tak heran kalau candi ini sangat dijaga kelestariannya karena menyimpan nilai sejarah dan seni yang tak terhitung harganya.

Kompleks candi ini termasuk objek wisata yang sangat strategis karena lokasinya yang tak seberapa jauh dari Kota Denpasar. Dari Kota Denpasar, Anda bisa berkendaraan sekira 40 km jauhnya menuju ke Tampaksiring yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, yang merupakan lokasi Candi Gunung Kawi. Kompleks candi sendiri sudah bisa dilihat dan dinikmati setelah melewati gapura dan 315 anak tangga di pinggir Sungai Pakerisan yang terletak di candi tersebut.

sumber:internet
Description: Pesona Mistis Gaib Penuh Misteri Candi Gunung Kawi Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Pesona Mistis Gaib Penuh Misteri Candi Gunung Kawi

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

1 komentar :

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com