FPI Organisasi Kemasyarakatan Paling Anarkistis

FPI Organisasi Kemasyarakatan Paling Anarkistis
Zona Aneh - Markas Besar Kepolisian menyatakan bahwa Front Pembela Islam (FPI) adalah organisasi kemasyarakatan paling anarkistis. Sepanjang 2010, misalnya, tercatat ada 29 kasus aksi anarki yang mengatasnamakan FPI. Tahun lalu ada lima kasus.

Aksi-aksi FPI itu terjadi di sejumlah tempat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Banten,” kata juru bicara Mabes Polri, Irjen Saud Usman Nasution, Jumat 17 Februari 2012.

Saud memastikan para tersangka pelaku aksi-aksi anarki tersebut akan menjalani proses hukum di markas Polda masing-masing. Ini termasuk tiga tersangka dalam kasus perusakan kantor Kementerian Dalam Negeri pada 12 Januari lalu dan satu orang yang menyerang aksi damai “Indonesia tanpa FPI”, 14 Januari lalu.

Khusus terhadap kasus perusakan kantor Kementerian, juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan Polda telah melimpahkan berkas ketiga tersangka ke kejaksaan. Dari kasus tersebut, polisi menyita barang bukti antara lain huruf dari nama kementerian yang dirusak dan dicopot, lampu sorot yang dipecahkan, beberapa batu, batang besi, dan rekaman video aksi perusakan.

”Dari kejadian tersebut, mereka dikenai Pasal 170 dan 406 KUHP, yaitu perusakan secara bersama-sama,” kata Rikwanto kemarin.

Menurut Saud, hanya ada dua tindakan terhadap anarki oleh ormas berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Dua tindakan itu adalah pembekuan pengurus atau pembubaran. "Pasal 14, ormas dibubarkan bila sudah diperingatkan tapi tetap melakukan kekerasan," kata Saud.

Ihwal tindakan pembubaran, Saud menunjuk Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1986 sebagai aturan pelaksanaan dari undang-undang tersebut. "Kepolisian hanya memberikan saran. Keputusan tergantung Kementerian Dalam Negeri," kata Saud.

Namun Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan Haris Azhar menilai pembubaran FPI bukanlah solusi yang tepat. Menurut dia, yang paling utama adalah bagaimana penanganan tindakan kekerasan, secara personal ataupun organisasi. "Itu harus diuji di pengadilan," ujarnya.
sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/02/18/063384782/Aksi-Anarkistis-FPI-Terjadi-Lima-Provinsi

Description: FPI Organisasi Kemasyarakatan Paling Anarkistis Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: FPI Organisasi Kemasyarakatan Paling Anarkistis

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

0 comments :

Posting Komentar

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com