SMS Badai Matahari Bikin Takut Warga

Zona Aneh - Khawatir terkena dampak badai matahari, warga Kediri memilih berada di dalam rumah tadi malam. Mereka juga mematikan telepon genggam yang dikabarkan mengeluarkan radiasi cukup besar.

Frida Nurma, ibu rumah tangga di Kelurahan Sukorame, Kecamatan Mojoroto mengaku memilih berada di dalam rumah saat puncak badai matahari terjadi, Rabu 25 Januari 2012 pukul 23.00 WIB. Menurut kabar yang dia terima dari komunitas Blackberry, situasi ini akan membahayakan kesehatan kulit. "Saya melarang anak-anak keluar rumah mulai Maghrib," katanya, Kamis, 26 Januari 2012 dini hari.

Tak hanya membahayakan kulit, fenomena alam ini juga dikabarkan meningkatkan radiasi telepon genggam yang membahayakan manusia. Informasi ini berkembang sangat cepat hingga membuat Frida mematikan ponsel sebelum jam 23.00 WIB. Ibu dua anak ini juga menelepon kerabatnya di luar kota agar tidak mengaktifkan ponsel sepanjang malam.

Meski sejumlah ahli astronomi membantah informasi tersebut dan menganggapnya sebagai kabar bohong alias hoax, tak pelak cukup mempengaruhi masyarakat.



Pantauan Tempo menampakkan adanya penurunan pengguna jalan di atas pukul 20.00 WIB. Terlebih lagi sejak beberapa hari terakhir angin kencang disertai hujan melanda kawasan ini. "Entah kenapa angin tadi malam kuat sekali," kata Sugeng, tukang ojek yang mangkal di Jalan Mayor Bismo.

Dia membenarkan jika warga banyak yang enggan keluar rumah sepanjang tadi malam. Sugeng sendiri memilih nongkrong di warung kopi karena sepinya keadaan.

Sebelumnya beredar kabar jika akan ada radiasi dari matahari yang membahayakan dan bisa merusak perangkat telepon. Untuk itu masyarakat diminta tidak menelepon Rabu malam.

Namun hal itu dibantah Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, yang menyebutnya sebagai hoax. Menurut dia badai Matahari terjadi pada 23 Januari dan dampaknya dirasakan pada 24 Januari pukul 21-22.00 WIB. Peristiwa hanya berlangsung beberapa jam, setelah itu keadaan kembali normal. Umumnya fenomena alam ini berdampak pada orbit satelit.
sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/01/26/061379711/Terkecoh-SMS-Badai-Matahari-Warga-Matikan-Ponsel
Description: SMS Badai Matahari Bikin Takut Warga Rating: 4.5 Reviewer: Mas Dowi - ItemReviewed: SMS Badai Matahari Bikin Takut Warga

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

1 komentar :

  1. wah kebiasaan buruk nih,
    berharap aja biar gak terjadi.

    BalasHapus

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com