13 peradaban kuno yang hilang dan sangat menakjubkan

Sanchi,India
Sobatsepeda, Mungkin pada masa sekarang kita mengenal kota seperti Tokyo, Chicago, New York dan Dubai , sebagai kota yang sangat besar dan mungkin hidup sebagai lambang kemajuan peradaban umat manusia pada masa sekarang. Namun , Kota-kota Besar dengan peradaban yang sangat tinggi telah ada pada ribuan tahun yang lalu , Mereka ada yang biasanya merupakan pusat basis agama maupun kekuatan politik. Dan kali ini yang tertinggal hanyalah puing-puing dari kota-kota yang menakjubkan tersebut, dengan menunjukkan sedikit keunikan arsitekstur dan beberapa keindahan karya seni yang bernilai tinggi melalui relief yang mungkin tertinggal dan merupakan sedikit cerminan sejarah budaya pada saat itu.Di bawah ini telah kami kumpulkan beberapa keterangan yang mengungkap sedkit keberadaan mereka kota yang pernah hilang ditengah perjalanan waktu(wicak).

13. Kota Palenque, Mexico

Sebuah kota peninggalan suku Maya di bagian selatan Mexico ,Palenque bertanggal tariq masehi sekitar tahun 300 sampai 700, Tempat ini menawarkan keindahan kuil kuno pada masa itu , patung dan ukiran batu yang sangat indah yang mungkin paling menakjubkan yang pernah ada. Puing-puing kota ini juga menawarkan banyak hal untuk mempelajari seni arsitektur kuno dari suku maya yang terkenal memiliki peradaban cukup tinggi pada masa itu.Apa bila Agan ada kesempatan sebaiknya kunjungi tempat ini sebuah kuil piramid yang bernama Pacal Votan , yang merupakan obsservatorium astronomi dan istana besar yang cukup megah dari kota kuno ini (wicak) .

12. Kota Persepolis, Iran

Dibangun pada masa kekuasaan raja Darius, Kota Persepolis ini dibangun merupakan puncak teknologi manusia yang terbesar dalam bentuk sebuah teras sekitar 515 tahun sebelum masehi. Terdapat pada sebuah tempat terpencil , dan terletak pada sebuah ketinggian yang sangat tinggi karena memang terletak disebuah puncak sebuah gunung , yang dahulunya merupakan ibukota jaman kekaisaran Achaemenid (pada masa kekuasaan persia) , yang dikelilingi dengan sejumlah gedung berukuran kolosal dan memiliki double set tangga , kota yang hilang ini memiliki daya tarik utama yaitu satu set makam yang berjumlah 4 buah yang terletak pada sebuah tempat yang sangat tinggi , dan dipotong oleh sebuah dinding tegak lurus.selain terdapat beberapa prasasti serta relief yang sangat indah dalam jumlah dan ukuran yang sangat besar di area yang sangat luas itu(wicak).

11. Kota Ephesus, Turkey

Hampir terlihat semacam musium out door yang sangat besar , Kota Ephesus yang berada di Turkey ini sangat terkenal karena disana terdapat kuil Artemis, yang merupakan salah satu keajaiban dunia Kuno. Ditemukan sebagai sebuah Loteng Koloni Ionian sekitar 10 tahun sebelum masehi, Ephesus bagaikan rumah berbagai monumen arsitektur. Termasuk didalamnya Basilika St Yohanes , Kuil Hadrian, Perpustakaan Celsus Romawi , dan Pintu gerbang Augustas ,bahkan Gereja pertama yang didedikasikan untuk Maria berada di Ephesus(wicak) .

10. Kota Petra, Jordan

Terletak dilereng gunung Hor , Jordania. Petra terkenal dengan baik sebagai sebuah karya arsitektur yang sangat menakjubkan. Sebuah kota yang diukir dalam sebuah dinding batu berwarna merah. Petra adalah sebuah situs yang benar-benar sangat menakjubkan yang telah terkenal bahkan pada masa prosejarah. terjadi percampuran antara tradisi Timur dengan gaya Arsitektur Helenistik , termasuk didalamnya terdapat Theater yang sangat besar, sebuah kuil yang berdiri pada abad 13 , biara Ad Deir , serta berbagai peninggalan Al Khazneh(wicak).

9. Angkor,di Cambodia

Sejarah Angkor yang berangka tahun sekitar abad 9 masehi yang berdiri sebagai peninggalan sekaligus bukti keberadaa kerajaan Khmer . Ini merupakan candi tunggal terbesar didunia yang merupakan monumen religius, dengan ribuan candi yang tersebar di area yang sangat luas . Situs ini terdiri dari beberapa karya seni religius yang paling megah sebagai sebuah karya arsitektur untuk seruruh kawasan Asia tenggara, termasuk lebih dari 1200 prasati batu dan berbagai pilar berukira naga yang sangat indah terdapat disana(wicak).

8.Kota Pompeii, Italy

Diduduki pertama kali pada abad 8 sebelum masehi, Pompeii terletak di bagaian barat itali , dekat teluk Napoli. Sebuah kota jaman Romawi yang terkubur, yang merupakan salah satu kota metropolitan pada saat itu. Hari ini masih tertinggal berbagai lukisan warna-warni, berbagai villa dengan hiasan yang cukup mewah, jalan-jalan yang dilapisi paving blok yang terbuat dari batu, sebagai sebuah contoh arsitektur masa lalu yang masih terawat dengan baik bahkan setelah ribuan tahun (wicak) .

7. Kota Tanis, Mesir/Egypt

Sangat terkanal dengan nama Djanet, Tanis adalah sebuah kota yang pernah menjadi pusat kemakmuran bisnis komersial serta ibukota pada masa dinasty 21 dan 22 kerajaan mesir kuno. Beberapa tahun terakhir , sebuah hasil penemuan arkeologi yang paling besar telah ditemukan dari reruntuhan Tanis . Di Tanis juga ditemukan banyak pemakaman Raja serta beberapa menara obelisk yang masih dalam kondisi baik(wicak).

6. Kota Nimrud, Iraq

Nimrud adalah sebuah kota kuno pada masa kekaisaran Assyria yang berangka tahun 717 sebelum masehi dan merupakan ibukota kerajaan itu lebih dari 150 tahun . Dinding-dinding yang besar dan gedung-gedung yang dibalut lumpur dalam kondisi masih sangat baik serta terdapat sebuah makam kerajaan Assyria yaitu milik Ratu Yaba,Banitu dan Atalia adalah yang paling menarik disini . Diantara temuan yang paling penting , terdapat juga ruang singgasana raja yang terdapat ukiran gading yang sangat indah(wicak) .

5. Kota Palmyra, Syria

Sebuah kota kuno yang berada di Syria , Palmyra yang penuh dengan pemandangan yang indah dan abadi. Ini juga terlihat pada alkitab akan tetapi itu merupakan persimpangan peradaban yang berbeda. Masih banyak yang bisa dilihat disana seperti : Tetrapylon , Kuil bel , Makam Elahbel , dan Istana Palmyra yang menakjubkan. Yang sering juga disebut sebagai “Pengantin Gurun ” karena memang saking indahnya , Palmyra adalah contoh yang sempurna dari sebuah kerajaan yang kuat dari abad 2 sebelum masehi(wicak).

4. Great Zimbabwe, Africa

Yang dibangun oleh masyarakat adat Afrika, antara tahun 1250 sampai 1450 Masehi, Reruntuhan dari the Great Zimbabwe ini sangat luar biasa . Yang terdisi dari beberapa bagian komplek yang sangat menakjubkan, yang terbuat dari batu granit berbentuk persegi dan dinding yang tinggi , dengan sebuah lorong sempit yang terbuat dari blok granit. Yang kesemuanya merupakan bagian dari sejarah yang menakjubkan dari berbagai keahlian mereka.Dan yang paling terkenal adalah sebuah lempengan dinding besar , yang merupakan sebuah dinding kuno yang berada di sebelah selatan gurun Sahara(wicak) .

3. Stonehenge, di Inggris

Yang merupakan sebuah monumen prasejarah, yang berada di Inggris , menceritakan tentang sejarah yang unik dan mengesankan tentang prestasi mereka dalam bidang perencanaan. yang merupakan icon nasional Inggris , stonehenge adalah merupakan simbol kuno dari sebuah peradaban yang kuat. yang terdiri dari gugusan batu besar tegak dengan formasi melingkar serta ratusan gundukan pemakaman , yang tertangal sekitar jaman Neolitikum , yang masih menjadi sebuah misteri bagi peneliti moderen saat ini (wicak).

2. Machu Picchu, Peru

Sebuah reruntuhan yang masih misterius bernama Machu Picchu mungkin masih yang paling misterius diseluruh dunia. Situs Incha yang telah ada di jaman sebelum Kolombia ini , berada di lereng sebuah gunung diatas lembah yang bernama Urubamba, Peru. Dibangun dengan gaya Incha klasik , yang merupakan sebuah kota yang luar biasa , dikelilingi sumber air alami, teras pertanian dan banyak kuil , ruang penyimpanan dan beberapa istana yang indah. Dimana diseluruh pemandangan indah disana terdiri dari hamparan hijau bagaikan di surga(wicak).

1. Kota Sanchi, India

Sanchi adalah sebuah monumen yang sangat besar sebagai situs sejarah di India yang merupakan mahkota dari 50 monumen budha yang sangat megah. Yang sangat dikenal sebagai Stupa agung , dimana merupakan salah satu stupa generasi pertama yang masih dilestarikan,dan merupakan salah satu struktur bangunan yang paling indah di dunia. Stupa yang sangat besar ini merupakan sebuah kubah hemispherical, dimana ruang utama merupakan tempat penyimpanan relic sang budha yang agung. Stupa agung ini juga merupakan simbol dari rilis terakhir siklus kelahiran hingga dilahirkan kembali – yang akhirnya masa sekarat yang terakhir . Sanchi adalah salah satu tempat yang paling sempurna untuk memahami asal usul , pertumbuhan serta kematian dari kesenian dan arsitektur Budha dimasa yang lalu(wicak).
Sebenarnya masih banyak terdapat puing-puing kota yang hilang yang belum bisa kami tampilkan disini , akan tetapi mudah-mudahan bisa sedikit menambah wawasan para sobatsepeda sekalian tentang sejarah masa lalu yang turut mewarnai perkembangan peradaban manusia dimasa sekarang dan masa yang akan datang, mudah-mudahan dimasa yang akan datang bisa kami tampilkan lebih banyak tempat dengan bukti sejarah yang lebih detail dan informatif(wicak).
Description: 13 peradaban kuno yang hilang dan sangat menakjubkan Rating: 4.5 Reviewer: Mas Dowi - ItemReviewed: 13 peradaban kuno yang hilang dan sangat menakjubkan

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

0 comments :

Posting Komentar

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com