Cari Blog Ini

Memuat...

Bunga Edelweiss, Lambang Cinta yang Abadi

Bunga Edelweiss, Lambang Cinta yang Abadi
Bunga edelweis asli atau yang sering disebut dengan everlasting flower sebenarnya adalah bunga Leontopodium yang hanya ada di pegunungan alpen, bukan bunga edelweis jawa atau Anaphalis javanica. Tapi apa daya sudah terlanjur, karena bunga ini yang sebenarnya bunga adalah serbuk kuning yang dalam waktu 1-3 hari setelah mekar akan rontok dan menyisakan kelopak bunganya saja. Kelopak bunga yang tahan lama inilah yang sering 'dicolong" oleh para pendaki gunung. Dan mereka pun akhirnya kecolongan karena hanya membawa kelopak bunga abadi.

edelweiss adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Indonesia. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian maksimal 8 m dengan batang mencapai sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 m

bunga ini cuma bisa hidup diatas 1000mdpl aja gan, jadi kalo mau nanem di halaman depan atau tengah atau belakang rumah agan/aganwati kaga bisa kecuali yang punya rumah di atas gunung doang, hehe

banyak orang bilang kalo ni bunga merupakan lambang cinta antara 2 sejoli soalnya ni bunga punya karakter yang beda dari bunga2 yang lain. bunga edelweiss dianggap merupakan perlambang cinta, ketulusan, pengorbanan, dan keabadian ini sekarang dikategorikan sebagai tanaman langka.

makin langkanya bunga edelweiss sendiri karena pengambilan bunga edelweiss sendiri yang dilakuin sama pendaki gunung YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB, mereka hanya mau mengambil keindahannya saja tanpa mau mengetahui bahwa bunga edelweiss sangat berarti bagi ekosistem pegunungan sendiri.

[buat yang mau nyoba nanem ini ni syarat2nya]
Bunga edelweis jawa ini sudah banyak dibudidayakan oleh para petani di daerah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Biasanya mereka membudidayakan dengan cara menanam anakan yang tumbuh dari biji dan tersebar di sekitar pohon induknya. Paling tidak bunga edelweis ini sebaiknya ditanam di daerah dataran tinggi lebih dari 1000 m dpl, pada tanah liat berkapur atau berpasir dengan pH (keasaman tanah) antara 4-7. Dan menyukai sinar matahari penuh.[/quote]

"ayo gan kita jaga bunga edelweiss, biarkan kita menikmati keindahannya tanpa harus merusaknya"

Description: Bunga Edelweiss, Lambang Cinta yang Abadi Rating: 4.5 Reviewer: Mas Dowi - ItemReviewed: Bunga Edelweiss, Lambang Cinta yang Abadi

SHARE THIS ARTICLE
Promosikan Facebook Anda dengan berkomentar disini

1 komentar :

  1. edelweiss adalah bunga hanya tumbuh pada dari pergunungan dan bunga ini harus lestarikan jangan sampai punah

    BalasHapus

 
Zona Aneh © 2011 - 2014 | Designed by RumahDijual | Thank to Allah SWT, Google , Bing , Yahoo
Proudly powered by Blogger.com